suami poligami

Jika Suamimu Minta Izin Poligami, Pastikan Dia Memenuhi Syarat Berikut

Poligami merupakan salah satu diantara syariat Islam, meskipun sebagai salah satu syariat Islam keberadaan poligami dimasyarakat juga banyak di tentang oleh kaum muslimin.

Sebab menurut mereka yang menantang poligami, bahwa poligami akan merugikan wanita dan menyakiti hati para istri yang akan dimadu.

 

Para ulama sendiri menilai hukum poligami dengan pandangan yang berbeda beda, misalnya Syaikh Mustafa Al-Adawiy yang menyebutkan bahwa hukum poligami adalah sunnah.

Sedangkan Syekh Muhammad Abduh mengatakan bahwa poligami hukumnya haram, maksud haram disini yaitu haram bagi seseorang yang tidak bisa berlaku tidak adil.

Dalam praktiknya Nabi Muhammad dalam melakukan praktik poligami pada delapan tahun sisa hidupnya. Nabi Muhammad melakukan poligami istri yang pertamanya meninggal barulah ia menikahi beberapa wanita, namun yang perlu diperhatikan Nabi Muhammad menikahi beberapa wanita bukan karena nafsu dan sahwat.

Hal ini terbukti dari beberapa wanita yang dinikahi Nabi yaitu janda mati kecuali Aisyah (putri sahabatnya Abu Bakar).

Islam membolehkan umatnya untuk melakukan poligami, dengan catatan mereka yang akan melakukan poligami memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh islam. Lalu jika suami Anda saat ini meminta izin untuk berpoligami.

Maka setidaknya suami Anda harus tahu 4 ketentuan sebelum melakukan poligami. Lalu, apa saja 4 ketentuan poligami yang harus dipenuhi apabila seorang laki laki akan melakukan poligami.

 

Orang Yang Mampu Berbuat Adil
Mampu berbuat adil merupakan salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh orang yang melakukan poligami, mereka harus memiliki sikap adil di antara para istrinya.

 

Jangan orang yang melakukan poligami hanya condong kepada salah satu istrinya, agar istri-istri yang lainnya tidak merasa di zalimi. Maka dari itu jangan sampai melakukan poligami, jika belum bisa berbuat adil.

 

Aman Dari Lalai Beribadah
Mereka yang melakukan poligami harusnya mereka bertambah ketaqwaan dan keimanannya kepada Allah, namun jika seseorang telah melakukan poligami namun orang tersebut malah menjauh atau lalai dalam beribadah maka poligami menjadi fitnah baginya.

Dan melakukan poligami hukumnya haram bagi orang tersebut.

 

Mampu Menjaga Istri Istrinya
Orang yang melakukan poligami, wajib menjaga para istrinya. Bahkan orang yang tidak poligami,menjaga istri merupakan salah satu kewajiban para suami.

Untuk orang yang melakukan poligami otomatis memiliki lebih dari satu istri, maka dari sangat ditekankan untuk menjaga istri mereka agar tidak terjerumus dalam keburukan dan kerusakan.

 

Mampu Memberi Nafkah Lahir
Memberi nafkah lahir merupakan salah salah satu syarat terakhir yang harus di penuhi oleh orang yang melakukan poligami. Orang yang berpoligami wajib mencukupi kebutuhan nafkah lahir para istrinya.

Namun jika orang tersebut menafkahi satu orang istri saja belum cukup, maka orang tersebut sangat dilarang untuk melakukan poligami

 

Dari keempat ketentuan tadi, bila suami Anda tidak mampu memenuhinya. Tapi memaksa untuk melakukan poligami, maka sebaiknya Anda menolak permintaan suami tersebut. Jika Anda tidak kuasa menghalangi keinginan suami. Anda bisa berkonsultasi kepada Saya terkait masalah rumah tangga yang Saat ini Anda alami.

Silahkan hubungi nomer

0811 277 8860

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Via Whatsapp