4 Tips Kontrol Emosi Saat Marah dengan Pasangan Anda

4 Tips Kontrol Emosi Saat Marah dengan Pasangan Anda

4 Tips Kontrol Emosi Saat Marah dengan Pasangan Anda – Tentu anda pasti pernah merasa jengkel dengan pasangan sampai ingin marah bukan?

Mungkin karena perilaku yang kurang pas dihati anda, mungkin juga karena salah paham, atau mungkin karena hal-hal lain yang membuat anda emosi.

Namun, sebenarnya hal-hal seperti ini sangat wajar terjadi dalam hubungan rumah tangga. Apalagi jika anda dengan pasangan belum benar-benar saling mengenal satu sama lain. Maka saat menemukan sifat asli yang baru anda tahu dan anda rasa kurang pas, biasanya dapat memicu emosi dan kesal.

Jika anda tergolong orang yang emosional dan gampang marah, coba pikir-pikir lagi deh.

Apakah harus mengekspresikan rasa kesal anda itu dengan marah-marah?

Tentunya akan lebih baik jika anda mampu mengontrol emosi anda dan tidak melampiaskan kemarahan anda kepada pasangan yang mungkin dapat merusak hubungan rumah tangga kalian. Nah, jika anda merasa kesulitan untuk meredam emosi marah anda pada pasangan, berikut ini saya akan bagikan tips bagaimana cara untuk mengontrol emosi saat marah dengan pasangan. \

Baik saudaraku sekalian..

Berikut ini adalah 4 Tips Kontrol Emosi Saat Marah dengan pasangan Anda.

  1. Beri Waktu untuk Sendiri.

Anda perlu waktu sendiri. Gunanya untuk menenangkan pikiran anda. Cara ini cukup efektif jika Anda lakukan. Apa lagi jika penyebab kemarahan anda adalah karena pasangan anda berbuat kesalahan yang membuat anda merasa kecewa.

Anda mungkin berpikir bahwa melampiaskan amarah adalah cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah. Anda mungkin berpikir itu bisa membuat anda merasa puas.

Tetapi, itu bukanlah cara yang benar.

Itu hanya akan membuat keadaan menjadi semakin buruk. Jika anda marah-marah pada pasangan anda, itu akan meninggalkan bekas masalah dan malah menciptakan keadaan yang semakin memburuk.

Hindari duduk berdua bersama dengannya selama beberapa waktu, ini bisa meredam emosi anda. Lebih baik anda sendiri dulu.

  • Minum untuk melegakan hatimu

Saat anda mulai terpicu emosi, cobalah untuk menarik nafas dan minum segelas air. Dengan meminum segelas air, ini bisa sedikit melegakan pikiran anda dan membantu anda membersihkan pikiran dari kemarahan.

Anda juga bisa pilih minuman yang bisa menyegarkan supaya anda lebih relaks.

  • Tarik Napas Panjang

Saat emosi anda berapi-api segera tarik napas panjang. Anda akan segera merilis udara untuk masuk ke otak anda dan ini memberi efek menenangkan anda.

Jika anda emosi dan meluapkan kemarahan melalui kata-kata anda maka anda akan mengucapkan kata-kata yang tidak baik. Anda akan kesulitan mengontrol lisan anda. Di situ anda bisa memperburuk hubungan anda dengan pasangan anda.

  • Tidak Menuduh dan saling menyalahkan.

Berhenti saling menuduh dan menyalahkan. Ini bukan cara yang baik untuk melepas kemarahan anda. Kontrol emosi anda dengan cara tidak menuduh dan terus-menerus saling menyalahkan.

Jangan memaksa pasangan anda untuk mengakui suatu hal yang tidak ia lakukan. Jika ia sudah mengatakan tidak merasa melakukan kesalahan, anda harus hargai itu.

Jika anda merasa dibohongi, jangan memaksa orang lain untuk terus meladeni amarah anda dan ikut menjawab sesuatu sesuai keinginan anda padahal dia benar-benar tidak melakukan kesalahan tersebut.

Itulah 5 cara paling efektif mengontrol emosi saat marah dengan pasangan anda. Anda mungkin punya cara anda sendiri. Tapi tidak ada salahnya jika anda juga bisa mencoba cara ini.

Baik saudaraku sekalian..

Saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini, jika Anda mempunyai masalah dengan rumah tangga anda dan ingin konsultasi dengan saya, silahkan hubungi kontak yang ada DISINI.

Terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Via Whatsapp