3 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SUAMI SAAT ISTRI SEDANG MARAH

3 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SUAMI SAAT ISTRI SEDANG MARAH

3 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SUAMI SAAT ISTRI SEDANG MARAH – Seperti yang kita tahu, hubungan rumah tangga tidak selalu berjalan dengan lancar. Terkadang ada saja kesalahan yang bisa menjadikan pasangan kita marah. Atau ketika mood istri sedang tidak bagus, kesalahan sedikit bisa jadi besar atau jadi runyam, apalagi jika anda hadapi dengan emosi.

Sudah bisa dipastikan, masalah akan semakin panjang dan melebar.

Baik saudaraku..

Seperti yang telah diteladankan Nabi memang butuh keteguhan hati, terlebih lagi ketika istri sedang marah.

Menariknya, ajaran Islam tidak pernah memberikan suatu perintah melainkan telah tersedia keteladanan dari hamba-hamba Allah yang berakhlakul karimah. Termasuk bagaimana semestinya seorang suami merespon kemarahan sang istri.

1. Sabar Dalam Menghadapi Istri Saat Marah.

Sabar menghadapi istri yang marah adalah dengan tidak membalasnya dengan apapun, baik berupa ucapan atau pun tindakan. Seperti yang diteladankan Sayyidina Umar, beliau mengamalkan kesabaran dengan sempurna, yakni menahan diri untuk tidak terjebak emosi. Beliau memilih diam, mendengarkan dengan tabah dan terus berusaha mengingat-ingat kebaikan sang istri.

2. Adil Dalam Memperlakukan Istri Ketika Marah.

Sayyidina Umar Radhiyallahu Anhu sebagai seorang suami tidak sekadar pandai menuntut haknya, melainkan juga mengerti dengan baik apa hak dari seorang istri. Bahkan, beliau selalu mengingat jasa-jasa istrinya, sehingga beliau merasa penting untuk juga menghargai dan menghormati sang istri, termasuk disaat sedang marah.

Keadilan Sayyidina Umar Radhiyallahu Anhu dalam hal ini adalah memberikan hak istri untuk didengar, walaupun ucapan dan perkataan itu mewujud dalam bentuk kemarahan.

Hal ini penting dilakukan, karena ketika Anda memperhatikan hak istri anda bahkan diberikan secara penuh dan utuh, maka itu akan membuat hati dan pikiran istri Anda menjadi lebih lega.

Dan, sebagaimana orang yang ketika haknya diperhatikan bahkan diberikan secara penuh dan utuh, kelegaan hati pun akan segera menyelimuti dirinya.

3. Memaafkan Istri Yang Mudah Marah.

Seorang suami harus memiliki hati yang luas, sehingga tidak mudah tersinggung, sakit hati apa lagi sampai terbawa emosi berbalik memarahi istri.

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan, Islam telah memberikan anjuran untuk saling memaafkan. Jadi, terhadap kesalahan istri, termasuk kemarahannya, berlapang dadalah untuk memaafkan. Utamakanlah hal-hal penting, besar dan urgen dalam keluarga.

Abaikan hal-hal yang hanya menimbulkan perdebatan dan kemarahan. Perbanyaklah mengingat kebaikan, jasa-jasa dan kasih sayang yang telah istri berikan. Dan, Ingatlah selalu, bahwa Allah Maha Pemaaf.

Nah, itu yang harus anda lakukan untuk menghadapi istri anda yang suka marah-marah.

Jadi kunci utamanya adalah anda harus melatih diri untuk bersabar.

Baik saudaraku yang dirahmati allah swt..

Saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas hari ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Dan jika ada yang ingin anda konsultasikan mengenai masalah asmara atau rumah tangga anda, silahkan anda bisa hubungi saya di nomor yang ada di bawah ini.

(Tasbih Spiritual untuk permasalahan rumah tangga)
(Tasbih spiritual untuk Anda yang susah jodoh dan punya masalah asmara)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Via Whatsapp